Mengenal Jenis-jenis Prosesor Mobile untuk Smartphone dan Tablet

Teknologi yang kini berkembang memang sangat canggih. Dulu orang mungkin berpikir bahwa membuat sebuah ponsel dengan performa yang mendekati komputer bisa tercipta. Pun halnya dengan kemunculan tablet yang diawali oleh Apple dengan meluncurkan iPad. Kedua produk elektronik tersebut sedemikian canggihnya hingga membuat orang berbondong-bondong ingin memilikinya. Namun, apa yang membuat smartphone dan tablet kini sedemikian canggihnya? Salah satu jawabannya adalah keberadaan prosesor mobile di dalamnya.

Seiring dengan berkembangnya kemampuan sebuah smartphone dan tablet, para produsen elektronik pun berlomba-lomba untuk menciptakan jenis-jenis prosesor mobile dengan kemampuan yang mutakhir. Kali ini Paseban akan menghadirkan pilihan jenis-jenis prosesor mobile yang banyak digunakan dan tentunya dengan kelebihannya masing-masing.

Berikut jenis-jenis prosesor mobile tersebut:

Exynos

Exynos adalah prosesor mobile yang dikembangkan oleh Samsung Electronics. Jenis prosesor Exynos ini merupakan prosesor yang dibangun berbasiskan SoC yang memang dibangun khusus untuk sebuah perangkat mobile semacam smartphone dan tablet. Prosesor Exynos pertama yang dibangun oleh Samsung adalah Exynos 3110 yang sebelumnya dikenal dengan nama Hummingbird atau S5PC110.

Setelah meluncurkan Exynos 3110, lalu jenis prosesor Exynos terbaru yang diluncurkan oleh Samsung adalah Exynos 4212. Exynos 4212 dibangun menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan clock antara 1.2GHz hingga 1.5GHz. Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4.

Lalu apa kelebihan dari jenis prosesor ini? Exynos 4212 menawarkan sensasi bermain game 3D, selain itu Anda juga bisa melakukan multitasking pada smartphone dan tablet yang menggunakan prosesor ini. Mengenai konsumsi energi, Exynos 4212 juga menawarkan tingkat efisiensi yang cukup tinggi karena dibangun dengan proses High K Metal Gate 32nm.

Saat ini, Samsung juga tengah mengembangkan tiga prosesor Exynos terbaru yang akan siap terjun ke pasaran dalam waktu dekat. Kedua prosesor tersebut adalah Exynos 4412 prosesor Quad Core dengan clock antara 1.2 hingga 1.5GHz serga Exynos 5250, prosesor dual core dengan clock 2.0 GHz. Dan yang terakhir adalah Exynos 5450, prosesor quad core dengan clock 2.0GHz.

OMAP

Prosesor OMAP merupakan jenis prosesor yang diproduksi oleh Texas Instrument. Saat ini, mereka telah memperkenalkan empat generasi dari prosesor OMAP, yakni OMAP1, OMAP2, OMAP3 dan OMAP4. Prosesor OMAP4 merupakan langkah awal Texas Instrument peluncuran versi dual core dari prosesor OMAP. Dari OMAP4430, OMAP4460 dan OMAP4470. Prosesor OMAP, terutama OMAP4460 juga banyak digunakan oleh smartphone dengan kinerja yang baik. Antara lain adalah Samsung Galaxy Nexus, Huawei Ascend P1 S hingga tablet Archos 101 Turbo (Gen9). Sedangkan untuk prosesor OMAP4470, menurut rencananya akan diluncurkan pada tahun ini.

Dengan menggunakan jenis prosesor OMAP4, sebuah smartphone ataupun tablet dapat menampilkan tampilan situs di Internet seperti sebuah tampilan website pada PC. Selain itu, prosesor ini juga menjanjikan UI yang lebih cepat dan konsumsi tenaga yang lebih sedikit. Fitur lainnya, Anda dapat menampilkan video full HD 1080p memakai jasa prosesor OMAP4. Prosesor ini juga menunjang penggunaan kamera primer hingga 20MP dan kamera sekunder 12MP.

Ternyata, TI juga baru saja memperkenalkan generasi ke lima dari jenis prosesor OMAP. OMP5 yang akan diperkenalkan dalam dua versi, OMAP5430 dan OMAP5432 akan dibangun dengan teknologi semi konduktor 28nm. Penggunaan teknologi ini pun akan semakin meningkatkan efisiensi tenaga dari prosesor. Namun, Anda tidak akan mendapati prosesor Quad Core milik TI. Dua prosesor tersebut merupakan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2GHz.

Tegra

Tegra merupakan produk dari Nvidia. Saat ini, terdapat tiga generasi dari prosesor Tegra yakni seri Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2 serta Nvidia Tegra 3. Jenis prosesor yang satu ini sempat menggemparkan dunia pada akhir tahun 2011 lalu. Di kala produsen lain sedang memproduksi prosesor dual core, Nvidia memperkenalkan Tegra 3 dengan prosesor Quad Core.

Prosesor Tegra 3 dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maksimum mencapai 1.4GHz. Jenis prosesor ini mampu menampilkan gambar berkualitas dengan konsumsi energi minimum. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan video dengan resolusi hingga 2560×1600 piksel. Saat ini tak banyak tablet maupun smartphone yang menggunakan prosesor ini. Di antaranya adalah Asus Eee Pad Transformer Prime, Lenovo IdeaPad K2 dan Acer Iconia Tab A700.

Snapdragon

Jenis prosesor lain yang banyak beredar di pasaran adalah prosesor dari Qualcomm, yakni Snapdragon. Qualcomm telah meluncurkan tiga generasi dari seri prosesor Snapdragon, yakni Snapdragon S1, Snapdragon S2 dan Snapdragon S3. Banyak pihak meyakini bahwa kemampuan prosesor ini lebih bagus jika dibandingkan dengan prosesor lain. Bahkan dalam situs resminya, Qualcomm mengklaim bahwa prosesor Snapdragon single core 1.4 yang dimiliki oleh Nokia Lumia 900 memiliki performa yang tak kalah jika dibandingkan dengan prosesor dual core pada perangkat lain. [IB]

*) sumber: http://www.infogue.com/viewstory/2012/02/02/mengenal_jenis_jenis_prosesor_mobile_untuk_smartphone_dan_tablet_wajib_baca_/?url=http://portal.paseban.com/article/5791/jenisjenis-prosesor

by : Ervan Dayatama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s